Pemanfaatan Teknik peta Konsep Dalam Pembelajaran Puisi Untuk Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Pemahaman Sastra Siswa
Utilization of Concept Map Techniques in Poetry Learning to Increase Interest and Literary Comprehension Skills
DOI:
https://doi.org/10.61493/educate.v1i03.60Keywords:
Pemanfaatan Teknik Peta Konsep, Pembelajaran Puisi, Keterampilan PemahamanAbstract
Penelitian ini bertujuan megetahui tentang Penyusunan kurikulum puisi dengan peta konsep. Mempersiapkan guru kelas untuk mempelajari puisi dengan peta konsep. Penerapan puisi akademik dengan peta konsep. Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran puisi dengan peta konsep. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data dan verifikasi data. Pengujian kebenaran data diterapkan dengan menggunakan sumber dan teknik teknik segitiga. Hasil Penelitian ini memiliki 4 kesimpulan. (1) Proses penyusunan kurikulum puisi pada peta konsep dari lokakarya persiapan perangkat pembelajaran berupa kurikulum, program tahunan, program semester, RPP peta konsep. (2) Mempersiapkan guru kelas untuk pembelajaran puisi menggunakan peta konsep dengan meningkatkan profesionalisme guru, misalnya dengan meningkatkan pendidikan, pelatihan, seminar. (3) Penerapan puisi akademik dengan peta konsep yang berkaitan dengan pelaksanaan tujuan pembelajaran. Penerapan bahan pelajaran. Penerapan metode pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran berupa kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutupan Gunakan lingkungan belajar yang sesuai. Pelaksanaan evaluasi kognitif, afektif dan psikomotorik.