Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Siswa terhadap Bahasa Inggris

Authors

  • Kholid Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.61493/educate.v1i02.57

Keywords:

Sikap Bahasa, Instrumen, Linguistik, Validitas.

Abstract

Sikap bahasa dalam kajian linguistik mengacu pada perilaku atau tindakan yang diambil berdasarkan pandangan sebagai reaksi terhadap adanya suatu fenomena terhadap penggunaan bahasa tertentu oleh penutur. Sikap bahasa terdiri dari tiga komponen yaitu komponen kognitif, afektif, dan konatif atau perilaku. Sebagai salah satu aspek yang berkaitan dengan psikologi bahasa, pengembangan instrumen pengukuran sikap berbahasa merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan agar data yang diperoleh sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah. Uji validitas instrumen dilakukan dengan jumlah responden 134 siswa SMA pada 24 item instrumen menggunakan Berdasarkan hasil uji validitas instrumen sikap berbahasa yang dilakukan terhadap 34 responden siswa kelas XI SMA terhadap butir-butir pernyataan pada instrumen angket hasil pengembangan aspek yang berkaitan dengan sikap berbahasa, menunjukkan bahwa perolehan skor (r) dengan menghitung koefisien Korelasi antara skor item instrumen dan skor total instrumen angket pada tabel 2 di atas menunjukkan bahwa skor (r) pada semua item instrumen adalah > 0,50. Artinya semua butir instrumen pengukuran sikap berbahasa dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai instrumen untuk mengukur sikap berbahasa.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Kholid. (2023). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Siswa terhadap Bahasa Inggris. EDUCATE : Journal of Education and Culture, 1(02), 102–107. https://doi.org/10.61493/educate.v1i02.57

Issue

Section

Articles