Pengaruh Supervisi Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Kualitas Pendidikan Guru PAI dan Madrasah di Kota Prabumulih

Authors

  • Muhamat Rasid Kemenag Kota Prabumulih
  • Eni Suryani Guru PAI SMA PGRI Kota Prabumulih
  • Herlina Pon-Pes Darussalam Kota Prabumulih

DOI:

https://doi.org/10.61493/educate.v1i02.52

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah membahas tentang pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan supervisi pengawas madrasah terhadap kinerja guru untuk mewujudkan mutu pendidikan di madrasah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi renponden dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Prabumulih sebanyak 82 orang, karena tidak dilakukan pengambilan sampel. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara simultan kepemimpinan kepala madrasah dan supervisi pengawas madrasah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam mewujudkan mutu pendidikan di madrasah.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Rasid, M., Suryani, E., & Herlina. (2023). Pengaruh Supervisi Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Kualitas Pendidikan Guru PAI dan Madrasah di Kota Prabumulih. EDUCATE : Journal of Education and Culture, 1(02), 134–141. https://doi.org/10.61493/educate.v1i02.52

Issue

Section

Articles