PEMBELAJARAN BAHASA AL-QUR`AN PERSPEKTIF FONOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.61493/educate.v1i02.50Keywords:
Al-Qur’an language, phonetics, methods, learning.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan proses pembelajaran bahasa Al-Qur’an yang selama ini terjadi di tengah masyarakat. Penelitian ini bersifat kualitatif yang menjelaskan tentang permasalahan pembelajaran bahasa Al-Quran. Kajian penelitian ini berfokus kepada fonetik yaitu pengucapan huruf hijaiyyah dalam Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terkadang guru mengajarkan pengucapan huruf-huruf Al-Qur’an hanya berdasarkan insting tanpa berdasarkan ilmu linguistik, yaitu fonetik. Selain mempelajari pengucapan huruf Arab, kajian fonetik juga untuk mengetahui apakah dari bunyi tersebut dapat membedakan makna atau tidak. Karena dalam membaca Al-Qur’an perbedaan fonem vocal dan konsonan dapat mengubah arti dari ayat yang dibaca. Sehingga diperlukan sebuah metode pengajaran bahasa Al-Qur’an seperti metode alphabetic (abjadiyah) dan metode bunyi (sautiyah).