Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Penyelesaian Aplikasi Barisan dan Deret Pada Investasi
DOI:
https://doi.org/10.61493/educate.v2i03.134Keywords:
kemampuan berpikir kritis, aplikasi barisan dan deretAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi aplikasi barisan dan deret dalam investasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester tiga (3) program studi Ekonomi Syariah di IAI Tulang Bawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Data diperoleh dari observasi dan tes kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang terdiri dari 1 butir soal essay yang meliputi 4 indikator yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Tes diberikan kepada 10 mahasiswa prodi Ekonomi Syariah. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk mendapatkan gambaran secara komprehensif terkait kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase pencapaian masing-masing indikator tergolong rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa disebabkan oleh kesulitan mahasiswa dalam menghubungkan konsep dengan permasalahan yang disajikan sehingga mahasiswa kesulitan menentukan strategi yang tepat dalam penyelesaian masalah.