Inovasi Model Self Organized Learning Environments (SOLE) dalam Pembelajaran Materi Sejarah Kebudayaan Islam; Menuju Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Wan Muhammad Fariq STAIN Bengkalis
  • Sri Murhayati UIN Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia
  • Zaitun UIN Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61493/educate.v2i03.127

Keywords:

Inovasi, SOLE, Merdeka Belajar

Abstract

Inovasi model pembelajaran merupakan unsur penting dalam pengembangan pembelajaran sampai saat ini. Salah satunya adalah Model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE). Model ini merupakan gagasan yang dikembangkan oleh Sugata Mitra berasal dari India. Penelitian ini mencoba memodifikasi dan menginovasi antara model pembelajaran SOLE dengan materi Sejarah Kebudayaan Islam di tingkat Aliyah yang relevan dengan kurikulum Merdeka Belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan motode studi kepustakaan (literature review) dengan menggunakan analisis deskriptif. Sumber data diambil dari hasil penelitian dan artikel-artikel yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model ini dalam pembelajaran materi Sejarah Kebudayaan Islam, dapat dilakukan dengan 3 (tiga) tahap, yaitu: (1) tahapan pertanyaan (Question) dengan 3 (tiga) langkah, (2) tahapan penyelidikan (Investigation) dengan 3 (tiga) langkah; dan (3) tahapan peninjauan (Review) dengan 3 (tiga) langkah. Model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) ini bisa dimodifikasi dan diinovasi dengan diterapkan kepada materi Sejarah Kebudayaan Islam tingkat Madrasah Aliyah

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Fariq, W. M., Sri Murhayati, & Zaitun. (2024). Inovasi Model Self Organized Learning Environments (SOLE) dalam Pembelajaran Materi Sejarah Kebudayaan Islam; Menuju Kurikulum Merdeka Belajar. EDUCATE : Journal of Education and Culture, 2(03), 364–372. https://doi.org/10.61493/educate.v2i03.127

Issue

Section

Articles