Metode Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern Darussalam Cambai Kota Prabumulih
DOI:
https://doi.org/10.61493/educate.v2i02.124Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode pembelajaran Bahasa Arab yang diterapkan di Pondok Pesantren Darussalam Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, seperti pada pesantren-pesantren lainnya, Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang wajib diikuti di Pondok Pesantren Darussalam Prabumulih. Pembelajaran Bahasa Arab di pondok ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu (1) pembelajaran tata bahasa Arab (Nahwu dan Sharaf), dan (2) pembelajaran percakapan Bahasa Arab (Muhadatsah). Pembelajaran percakapan Bahasa Arab dilakukan dengan menciptakan lingkungan berbahasa Arab dan hari berbahasa Arab. Setiap santri diwajibkan untuk berkomunikasi dalam Bahasa Arab di lingkungan dan pada hari yang telah ditentukan. Sanksi akan diberlakukan kepada santri yang melanggar aturan ini dan tidak menggunakan Bahasa Arab.