Metode Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern Darussalam Cambai Kota Prabumulih

Authors

  • Mukmin UIN Raden Fatah Palembang
  • Marini MAN 1 Prabumulih

DOI:

https://doi.org/10.61493/educate.v2i02.124

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode pembelajaran Bahasa Arab yang diterapkan di Pondok Pesantren Darussalam Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, seperti pada pesantren-pesantren lainnya, Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang wajib diikuti di Pondok Pesantren Darussalam Prabumulih. Pembelajaran Bahasa Arab di pondok ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu (1) pembelajaran tata bahasa Arab (Nahwu dan Sharaf), dan (2) pembelajaran percakapan Bahasa Arab (Muhadatsah). Pembelajaran percakapan Bahasa Arab dilakukan dengan menciptakan lingkungan berbahasa Arab dan hari berbahasa Arab. Setiap santri diwajibkan untuk berkomunikasi dalam Bahasa Arab di lingkungan dan pada hari yang telah ditentukan. Sanksi akan diberlakukan kepada santri yang melanggar aturan ini dan tidak menggunakan Bahasa Arab.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Mukmin, & Marini. (2024). Metode Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern Darussalam Cambai Kota Prabumulih. EDUCATE : Journal of Education and Culture, 2(02), 321–328. https://doi.org/10.61493/educate.v2i02.124

Issue

Section

Articles