The Effect of Discovery Learning Method on Mathematics Learning Outcomes in View of Student Learning Motivation
Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61493/educate.v2i02.122Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning merupakan suatu metode pembelajaran matematika yang melatih siswa untuk menemukan sendiri materi pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa SMP. 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. 3) untuk mengetahui adanya interaksi antara metode discovery learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis anova dua jalan sel tak sama diperoleh, pada hipotesis pertama dan maka Ho ditolak berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery learning dengan metode konvensional. Hipotesis kedua dan maka Ho ditolak berarti ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Hipotesis ketiga dan maka Ho ditolak berarti ada interaksi antara metode discovery learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.