Pendidikan Pelestarian Lingkungan dan Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Barang Ekonomis Bagi Anak Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.61493/educate.v2i02.118

Abstract

Pencemaran lingkungan akibat sampah plastik telah menjadi isu global. Sekolah menjadi salah satu tempat dengan produksi sampah plastik yang berasal dari kemasan makanan ringan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak saat jam istirahat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan pendidikan pelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomis bagi anak Sekolah Dasar Negeri Merak 1, Banten. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer didapatkan dari hasil observasi dan program pelatihan langsung. Metode pelatihan yang digunakan adalah model deduktif yang ditujukan pada anak-anak sekolah dasar (usia 7-12 tahun). Hasil pelatihan menunjukan bahwa program pelatihan pelestarian lingkungan dan daur ulang sampah plastik menjadi barang ekonomis mampu membimbing anak sekolah dasar untuk sadar akan membuang sampah di tempat yang telah disediakan dan diklasifikasikan menjadi sampah organik maupun sampah anorganik, kemudian anak-anak antusias dan mampu mempraktikan pembuatan ecobrik dan kerajinan tangan dari sampah plastik yang dapat dijadikan hiasan kelas, celengan, dan berbagai barang kerajinan.

Author Biographies

Ahyakudin, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Economic and Education

Sujai, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Education and religion

Nurul Fadhilah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Religion

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Mukti, T., Ahyakudin, Sujai, & Fadhilah, N. (2024). Pendidikan Pelestarian Lingkungan dan Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Barang Ekonomis Bagi Anak Sekolah Dasar . EDUCATE : Journal of Education and Culture, 2(02), 337–340. https://doi.org/10.61493/educate.v2i02.118

Issue

Section

Articles