Implementasi Media Puzzle Pada Materi Haji Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Nurussalam

Authors

  • Forina Yanti IAIN Langsa
  • Mukhlis

DOI:

https://doi.org/10.61493/educate.v2i01.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Media Puzzle Pada Materi Haji Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Nurussalam Kabupaten Aceh Timur. Perkembangan kurikulum di sekolah saat ini dituntut untuk melakukan perubahan dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered learning) menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered learning). Hal ini disesuaikan dengan tuntutan pembelajaran yang akan mempengaruhi perkembangan anak di masa depan, dimana anak harus memiliki kecakapan berpikir dan belajar (thinking and learning skils). Kecakapan- kecakapan tersebut diantaranya adalah kecakapan berpikir kritis (critical thinking), memecahkan masalah (problem solving), kolaborasi, dan kecakapan berkomunikasi. Kecakapan-kecakapan itu yang sering dikatakan sebagai Kecakapan Abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa. Siswa dapat memiliki kecakapan- kecakapan itu apabila guru mampu mengembangkan pembelajaran dengan aktivitas kegiatan-kegiatan yang menantang siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, pendekatan pembelajaran yang cukup menantang bagi guru adalah pendekatan pembelajaran berbasis masalah (Problem-based learning atau PBL). Dari 32 orang siswa yang ada di kelas IX memperoleh peningkatan prestasi belajarnya melalui penerapan media Puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang semula rata-rata 62,00 meningkat menjadi 83,33 atau sekitar 21,33 %.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Yanti, F., & Mukhlis. (2024). Implementasi Media Puzzle Pada Materi Haji Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Nurussalam. EDUCATE : Journal of Education and Culture, 2(01), 258–264. https://doi.org/10.61493/educate.v2i01.109

Issue

Section

Articles