Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengelolah Administrasi Kelas Melalui Supervisi Klinis Pada Guru Di MTs SA Talang Jawa Kab. OKU
DOI:
https://doi.org/10.61493/educate.v2i01.101Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru dalam mengelola administrasi melalui supervisi kelas yang dilakukan oleh kepala madrasah. Untuk mencapai tujuan tersebut, upaya dilakukan agar kualitas guru mengkat dalam mengembangkan kualitas pendidikan. Kompetensi guru merupakan faktor yang sangan penting. Kompetensi guru di dalamnya termasuk kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Usaha meningkatkan kompetensi guru dapat diakukan dengan mengoptimalkan peran kepala madrasah, sebagai: educators, managers, administrators, supervisors, leaders, creators and entrepreneurs working climate. Metode penelitian menggunakan metode module cycle Kemmis and Taggart: yakni melalui, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus awal tidak berjalan dengan baik dan hanya mencapai katagori 47% hingga 53%, dan kemudian kemampuan kompetensi guru dalam mengelola administrasi melelui supervisi klinik telah meningkat pada siklus kedua hingga 100%.