MEMBANGUN KARAKTER MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA PGRI KOTA PRABUMULIH

Authors

  • eni suryani SMA PGRI Kota Prabumulih
  • Herlina

DOI:

https://doi.org/10.61493/educate.v3i01.157

Abstract

Moderasi beragama merupakan prinsip penting dalam membangun keharmonisan masyarakat yang majemuk. Dalam konteks pendidikan, pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran PAI dalam membangun karakter moderasi beragama di SMA PGRI Kota Prabumulih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru PAI, serta analisis dokumen pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama, seperti toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan sikap saling menghormati, diintegrasikan ke dalam berbagai aspek pembelajaran, baik dalam materi, metode, maupun evaluasi. Guru PAI berperan sebagai fasilitator yang mendorong diskusi kritis dan pembelajaran berbasis pengalaman untuk memperkuat pemahaman dan penerapan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran PAI yang dirancang dengan pendekatan moderasi beragama dapat menjadi sarana efektif untuk membangun karakter siswa yang inklusif, toleran, dan harmonis. Rekomendasi penelitian mencakup perlunya pelatihan bagi guru PAI untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan kontekstual dalam menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

suryani, eni, & Herlina. (2025). MEMBANGUN KARAKTER MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA PGRI KOTA PRABUMULIH. EDUCATE : Journal of Education and Culture, 3(01), 513–518. https://doi.org/10.61493/educate.v3i01.157

Issue

Section

Articles