PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA: PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Sopian Ahmad STAI Raudhatul Ulum
  • Moh Puadi STAI Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya
  • M. Saiyid Mahadhir STAI Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.61493/educate.v3i01.155

Abstract

Pendidikan karakter berbasis keluarga merupakan pendekatan yang menekankan peran keluarga sebagai pondasi utama dalam membentuk kepribadian dan moral anak. Dalam perspektif pendidikan Islam, keluarga memiliki tanggung jawab besar untuk menanamkan nilai-nilai islami yang mencakup akhlak mulia, keimanan, dan ketakwaan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran keluarga dalam pendidikan karakter anak serta relevansinya dengan ajaran Islam. Metode yang digunakan adalah kajian literatur yang mengacu pada sumber-sumber primer dalam Islam, seperti Al-Qur'an dan Hadis, serta penelitian terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa keluarga yang harmonis, dengan teladan orang tua yang baik, komunikasi efektif, dan lingkungan rumah yang mendukung, mampu membentuk karakter anak yang berintegritas dan berlandaskan nilai-nilai Islam. Kesimpulannya, pendidikan karakter berbasis keluarga dalam perspektif pendidikan Islam menjadi strategi penting dalam membangun generasi yang bermoral, beriman, dan mampu menghadapi tantangan zaman dengan berlandaskan nilai-nilai agama.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Ahmad, S., Moh Puadi, & M. Saiyid Mahadhir. (2025). PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA: PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. EDUCATE : Journal of Education and Culture, 3(01), 502–511. https://doi.org/10.61493/educate.v3i01.155

Issue

Section

Articles