PENDEKATAN MANAJERIAL DALAM PENDIDIKAN TILAWAH AL-QUR'AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PESERTA MTQ
DOI:
https://doi.org/10.61493/educate.v3i01.154Abstract
Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan ajang kompetisi yang menuntut peserta untuk memiliki kualitas tilawah yang tinggi, mencakup kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar, suara yang indah, dan penghayatan makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendekatan manajerial dalam pendidikan tilawah Al-Qur’an sebagai upaya meningkatkan kualitas peserta MTQ. Pendekatan ini mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi program pelatihan yang terstruktur dan berkelanjutan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi pada lembaga-lembaga pendidikan Al-Qur’an yang secara aktif membina peserta untuk mengikuti MTQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen yang efektif memainkan peran signifikan dalam membentuk kualitas tilawah peserta. Faktor-faktor seperti penyediaan pelatih yang kompeten, kurikulum yang komprehensif, serta sarana dan prasarana yang memadai turut mendukung pencapaian hasil yang optimal.
Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model manajerial berbasis kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat untuk menciptakan program pendidikan tilawah yang lebih holistik. Dengan pendekatan yang tepat, diharapkan kualitas peserta MTQ dapat terus ditingkatkan, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.