INTEGRASI NILAI-NILAI SEJARAH UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.61493/educate.v3i01.152Keywords:
Pendidikan sejarah, nilai-nilai sejarah, pendidikan karakter, integrasi nilai, pembentukan karakter, identitas nasionalAbstract
Pendidikan sejarah memiliki peran strategis dalam membangun dan memperkuat pendidikan karakter di kalangan generasi muda. Integrasi nilai-nilai sejarah ke dalam proses pembelajaran tidak hanya memberikan pengetahuan tentang peristiwa masa lalu, tetapi juga menanamkan nilai-nilai luhur seperti patriotisme, tanggung jawab, kerja sama, toleransi, dan kejujuran. Artikel ini membahas pentingnya pendekatan integratif dalam mengajarkan sejarah, di mana nilai-nilai historis diadaptasi secara kontekstual ke dalam pembentukan karakter siswa.Metode yang digunakan melibatkan analisis literatur dan studi kasus penerapan pembelajaran sejarah berbasis nilai di beberapa institusi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah yang diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter mampu meningkatkan kesadaran siswa terhadap identitas nasional dan membentuk sikap positif dalam kehidupan sehari-hari.Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan sejarah harus diarahkan tidak hanya untuk memahami fakta-fakta sejarah, tetapi juga untuk membangun karakter bangsa yang kokoh. Dengan demikian, integrasi nilai-nilai sejarah menjadi solusi yang relevan untuk menghadapi tantangan era globalisasi yang sering mengikis jati diri dan karakter bangsa.