ANALISIS PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI NEGARA INDONESIA DAN FILIPINA

Authors

  • Nahrul Hayat IAIQI Indralaya
  • Komarudin Sassi IAIQI Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.61493/educate.v3i01.149

Abstract

Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal di Indonesia dan Filipina menawarkan solusi yang relevan dalam menghadapi tantangan globalisasi era kontemporer. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai lokal, pendidikan Islam dapat memberikan bekal bagi generasi muda menghadapi perubahan dan tantangan zaman tanpa melupakan identitas budaya. Pendekatan ini juga dapat memperkuat kohesivitas sosial dan memperkaya khazanah pendidikan di kedua negara. Di Indonesia pendidikan Islam telah berhasil mengimplementasikan model pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan kearifan lokal secara efektif. Pola pembelajaran holistik dan berbasis praktik telah menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang kuat, tetapi juga memiliki karakter yang mulia, keterampilan beragam, dan berkontribusi pada pengembangan masyarakat. Sedangkan pendidikan Islam di Filipina telah mengalami transformasi cukup besar. Di mana integrasi Madrasah dalam sistem Pendidikan Nasional merupakan langkah penting bagi umat Islam Filipina untuk mengakses pendidikan berkualitas dan pengembangan budaya kearifan lokal.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Hayat, N., & Sassi, K. (2025). ANALISIS PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI NEGARA INDONESIA DAN FILIPINA. EDUCATE : Journal of Education and Culture, 3(01), 460–467. https://doi.org/10.61493/educate.v3i01.149

Issue

Section

Articles